Jumat, 02 September 2011

Cerita Awal kehidupan 80-an

Menginjak tahun 1980 kehidupan kami makin morat marit tidka menentu, sindiran halus sering terlontar dari paman-pamanku yang ingin mengusir kami dari rumah satu-satunya tempat kami berteduh. " Khan suaminya sudah gak ada ngapain tinggal disini.." itulah yang sering terlontar dari mulut pamanku. Pernah suatu hari ada pembagian hasil kebun berupa durian kami di kasih satu butir namun dua jam kemudian buah itu diambil kembali dengan alasn yang gak jelas. Sedangkan keluarga lain dapat bagian, hasil kebun yang dulu dijanjikan bahwa kami akan dapat ternyata tidak seindah kenyataan kami tidak pernah dibaginya kami hanya gigit jarinya.
Pamanku yang ada makin rakus mengambil jatah yang seharusnya hak kami sebagai anak yatim. Tahun 1980 - 1986 adalah tahun penuh dengan air mata ibu kami. Kami tercerai berai entah kemana kakak pertama jadi pembatu, kakak kedua jadi pemulung atau pengais sampah di tempat pembuangan sampah di jakarta. Ketika masuk TV (TVRI) kami sangat sedih melihat kakak tercinta bergulat dengan sampah. Kaka ketiga dan ke empat mengikuti jejak jadi pembantu di salah satu keluarga di jakarta sedangkan yang kelima menghilang entah kemana. walau diawal tahun 1990 baru tahu ada di Batam.
Masih terekam baik di memori suatu hari ibu (umi) marah sama kakaku yang kedua entah apa penyebabnya. Hari itu di pagi hari saat mau berangkat sekolah. Aku sedangmakan ubi bakar sarapan pagi dan segelas teh manis. tiba-tiba umi melempar satu butir kelapa yang sudah mau dikupas ke kakaku dan mnegenai punggungya. kelapa pecah dan membasahi baju sekolah kakaku, namun kakaku tetap pergi sekolah.
Ketika kami kecil tidak ada satu keluargapun yang peduli sama kondisi kami hanya umilah yang banting tulang dibantu kakakku yang kerja jadi pembantu yang menghidupi kami. Terima kasih untuk umi....

4 komentar:

Jaya Negara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Salaut Pak Atas perjuangya saya edi dari cianten kp.baru

Jaya Negara mengatakan...

Sama sama pak..salam kenal

Jaya Negara mengatakan...

Fb: jaya putra negara atau jayaputranegara@ymail.com